Refund dana di aliexpress ke doku, ternyata mudah loh

Cara refund dana di aliexpress ke doku wallet

Siapa sih yang ngga tergiur belanja online di marketplace dengan harga murah udah gitu gratis ongkos kirim (yah sebenernya ongkos kirim sih sudah di up dari harga pokoknya), sangat mudah prosesnya, apalagi belanjanya di luar negeri. Kalau orang yang ngga tau kan kelihatan keren banget mampu belanja di luar negeri hahaha, padahal mah jaman sekarang sama aja, mau di luar negeri kek mau dalam negeri kek yang terpentingkan harganya yang murah.
Salah satu pilihan marketplace saya ialah aliexpress, marketplace asal tiongkok ini memang bikin gelap mata dan bikin bersih dompet, karena barang dan harga yang ditawarkan oleh sellernya sangat menarik hati iman. Barang dari semua kategori hampir melimpah tinggal pilih mau yang murah maupun yang mahal semua ada. Kalau problem kuwalitas sih relatif aja.

Baca : Belanja di aliexpress sangat mudah tanpa kartu kredit

Saya sendiri sudah lima kali belanja di aliexpress dan semua tanpa masalah, baik dari pembayaran, paket, kuwalitas barang, yang intinya paket/barang datang hingga alamat dan berfungsi sesuai harapan.
Tapi keberuntungan tidak berpihak pada belanja ke enam saya di aliexpress. Berawal dari resi kantor pos yang saya terima dari pak pos yang di atas resi ditulis secara manual dengan aksara kapital “BARANG PAKETAN RUSAK” gubrakkk.... lantas saya pun merasa panik karena barang yang saya beli benar-benar hancur hadulahhh..., sebuah joran pancing yang saya beli di aliexpress adegan atasnya patah dan remuk, pakingnya pun sudah jebol. Sellernya pun menurut saya salah karena joran tidak dipaking dengan pipa PVC. Tak menunggu-nunggu waktu saya menuju kantor pos untuk membereskan problem ini, untungnya mbak mbak petugas kantor pos baik banget mau membantu dan menawarkan prosedur penolakan paket karena paket rusak, hingga saya dibuatkan gosip program penolakan semoga paket dikirim kembali ke seller negara asal.

Paketan yang rusak/patah
Bagi anda yang mengalami problem menyerupai saya silahkan baca tips di bawah ini :
  1. Ketika pihak kantor pos memberi informasi wacana barang yang yang kita beli rusak usahakan tetap tenang, jangan panik & bersegeralah menuju kantor pos untuk mengatasinya. Sebab belanja di aliexpress ada batas waktunya.
  2. Tanya kronologinya kepada pihak pos & minta solusi yang terbaik.
  3. Foto barang/paket yang rusak sedetail mungkin dari banyak sekali sisi untuk diupload sebagai bukti kita dikala “open dispute” di orderan aliexpress. Bisa juga dengan melampirkan video.
  4. Minta santunan kepada pihak pos semoga mampu menyebarkan gosip program penolakan penerimaan paket karena barang rusak oleh jasa ekspedisi, maupun dikala di bea cukai. Ketika kita sudah dibuatkan gosip program penolakan paket, kemudian diminta tanda tangan dan foto kopi KTP. (di sini permasalahan sudah setengah terselesaikan hehe). Setelah itu barang akan dikirim kembali kepada alamat seller aliexpressnya tanpa dipungut biaya (inget.... GRATISSS loh yah).
  5. Setelah nomor 1-4 selesai, bersegeralah masuk ke akun di aliexpress dan menuju ke orderan kita pilih fitur “open dispute” atau buka perselisihan, isi semua form dengan keluhan yang kita alami jangan lupa upload bukti foto/video kita, jangan lupa pakai bahasa Inggris. Saya pakai google translate aja.
  6. Jika seller ngeyel ini dan itu, selama memang kita kerjasama dengan pihak pos & sudah dibuatkan gosip program penolakan karena paket rusak Insya Yang Mahakuasa akan mudah diatasi. Jika permaslahan belum menemukan titik temu mintalah pihak ketiga/CS untuk menengahinya (tersedia dalam fitur dispute aliexpress). Kalau alasan saya memang kuat, karena seller paking barangnya tidak standar paking joran pancing yang menggunakan pipa PVC.
  7. Setelah seller menyetujui “dispute” yang kita ajukan, maka dana akan dikembalikan oleh aliexpress ke saldo doku kita sepenuhnya (karena pembayaran saya menggunakan doku wallet). Dan “dispute” eksklusif ditutup atau finish secara otomatis.
Dispute telah di setujui oleh seller
Sudah terang bukan, silahkan komen jikalau ada kritik dan saran maupun pertanyaan, karena artikel ini susunannya belepotan.
Saya memberanikan menulis artikel wacana cara refund dana di aliexpress ke doku ini karena minimnya artikel yang membahas permaslahan ini karena paketan rusak oleh jasa pengiriman. Semoga artikel ini mampu membantu bagi yang terkena problem menyerupai saya

Komentar