LOKASI/ SPOT MANCING DI WADUK CIRATA



LOKASI/ SPOT DI WADUK CIRATA

          Pada halaman waduk Cirata di blog ini penulis belum memperkenalkan spot/ lokasi mancing ikan diwaduk tersebut , maka di kesempatan ini penulis akan mengenalkan spot- spot di seputaran waduk Cirata berdasarkan dermaga penyeberangan .
Informasi Spot dan lapak ini di dapat dari web http://mancingsegala.com/, hasil wawancara  dengan beberapa orang pemancing yang telah lama ( Istilahnya Para saehu mancing ), atau malang melintang di dunia mancing alam liar, dari komunitas pemancing waduk serta dari  pengalaman pribadi penulis memancing di beberapa spot dan lapak di lokasi waduk Cirata .
Bagi Kalangan Pemancing di waduk , spot-spot mancing di waduk cirata sudah banyak di ketahui ,ikan yang menjadi buruan pemancing ini biasanya ikan nila, disamping tentunya ikan-ikan jenis lainnya . Bagi para pemancing di alam liar, waduk cirata telah cukup lama di kenal , untuk merefresh kembali ingatan wacana spot yang pernah di datangi , penulis  akan meriview beberapa Spot mancing terkenal yang ada di waduk cirata beserta lapaknya,
Och kita pribadi ke lapangan saja :
1.   Dermaga Calingcing ,
Dermaga Calingcing CIRATA
Dermaga ini terletak di Desa Sindanglaya, Kecamatan Ciranjang , Untuk menuju ke Dermaga ini mampu menggunakan kendaran umum atau pribadi, arah menuju lokasi  ini melalui  jalan utama/raya  Bandung – Cianjur  , setelah itu masuk ke jalan kertajaya/simatupang  di kawasan Ciranjang  Cianjur , dari jalan utama ke lokasi Dermaga Calingcing sekitar 5 KM  ( mampu dilihat di peta ) , Setelah hingga di dermaga rekan-rekan pemancing akan diantar kelapak yang diinginkan pemancing oleh tukang perahu atau jika rekan-rekan pemancing yang gres pertama kali ke kawasan tersebut mampu menanyakan pribadi lapak yang masih kosong dan rupawan hasil tangkapan ikan sebelumnya ke tukang perahu tersebut, Harga untuk menyewa perahu biasanya antar dan jemput sekitar Rp 20.000,- tergantung jauh bersahabat lapak yang ditujunya.  Adapun nama-nama Spot terdekat yang mampu di lalui dari dermaga  Calingcing ini diantaranya yaitu   lengkeng Luar, lengkeng Dalam , Lengkeng roni, jengjen, ci oray, panghiasan, cipanas , Coklat, Karet, Cigandu, Dongdot, cilembu, cabe, lapak sabelas, pasir pogor, cipanas, gunung gede, gunung leutik, lapak 18 ,lapak  23, jati nengang, lapak Ajo, pasir panjang, Pamandian,. 
Spot Jengjen
 
Spot Cioray
Setiap Spot tersebut terdiri dari beberapa  rakit ,biasanya ada 2 hingga 5 rakit  yang masing-masing rakit mempunyai kapasitas 2 hingga 6 pemancing. Harga sewa rakit untuk setiap pemancing biasanya Rp 10.000,- untuk waktu 24 jam .

2. Dermaga Babakan Garut & palalangon,
Dermaga Babakan Garut
Dermaga mancing ini bersebelahan dengan Dermaga Calingcing, untuk menuju ke spot ini masih sama menggunakan jalur utama jalan raya Bandung-Cianjur sama dengan  Dermaga Calingcing ,yang membedakan dari jalan masuknya melalui jalan Cihaur Banteng Ciranjang , jika untuk dari arah Bandung sebelum jalan menuju arah Calingcing, jika dari arah Cianjur sesudah jalan menuju spot calingcing( mampu dilihat di peta )di postingan sebelumnya wacana waduk cirata.(klik disini) , dari jalur utama ke lokasi dermaga Babakan garut  berjarak sekitar 4 km. Untuk menuju ke tempat lapak-lapak mancing berada, harga sewa perahu dan  lapak  hampir sama dengan spot Calingcing . 
Spot Kebon Kacang
Spot bersahabat Dari Dermaga babakan Garut
Adapun nama-nama lapak yang mampu dilalui dari Dermaga Babakan garut & Palalangon  ini diantaranya yaitu   Spot ciakar , wawan , no 15 , No 16, lapak legok emok, bukaan, kebon kacang, eretan, cireungit , cipacul, cibanteng, pesor, pinus, eceng, cilandak , Lapak oman, Lapak Ayi.

3.   Spot Pasir Ucing, 
Spot mancing ini terletak Desa Pasir Ucing, Nanggeleng, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, untuk menuju ke spot mancing pasir ucing hanya mampu menggunakan kendaraan pribadi mampu motor atau mobil. Jalan yang digunakan untuk menuju ke sana mampu melalui dua alternatip , jalur alternatip itu :
·    Jalur pertama, Arah menuju lokasi ini  dari jalan raya/utama Bandung arah Cianjur tepatnya di kawasan Rajamandala, kemudian belok ke kanan menuju ke Jalan Ciburahol jalan ini merupakan jalan terusan dari kawasan Rajamandala menuju kawasan Cipendeuy kemudian setelah itu belok kiri masuk ke jalan citatah ( sebagai patokan di jalan ciburahol /jalan cipendey rajamandala ada masjid AL-Bayan belok kiri), kemudian setelah masuk jalan citatah kira-kira 300 meter belok kiri lagi memasuk ke jalan pasir ucing margaluyu/sentul setelah itu lurus hingga di ujung dermaga pasir ucing
·    Jalur Kedua , arah menuju lokasi ini dari Jalan raya Cikalong wetan kemudian masuk jalan raya Cikalong-Cipendeuy  kemudian masuk lagi kejalan Cependeuy- Rajamandala untuk untuk selanjutnya sama masuk jalan citatah menyerupai jalur pertama untuk menuju lokasi spot mancing Pasir Ucing.
Untuk menuju ke tempat lapak-lapak mancing  berada, harga sewa perahu dan  lapak hampir sama dengan spot calingcing, babakan garut . Adapun nama-nama lapak yang terletak di spot Pasir ucing  ini diantaranya yaitu : lapak calung, bah usup.

 4. Dermaga Cipicung /pasir geulis, 
Dermaga Cipicung/ Pasir Geulis
Dermaga ini terletak di Desa pasir geulis, Kecamatan Cipendeuy , Untuk menuju ke Dermaga ini mampu menggunakan kendaraan umum atau pribadi, arah menuju lokasi  ini melalui  jalan  raya Plered/ Cikalong utama Bandung- Purwakarta , setelah itu masuk ke jalan raya Cikalong-Cipendeuy seterusnya jalan raya Cipendeuy , setalah hingga di masjid raya Cipendeuy kemudian belok kanan menuju jalan Cipicung/ pasir geulis ,jarak dari jalan raya  cipendeuy menuju spot calincing sekitar 5 km . Setelah hingga di dermaga rekan-rekan pemancing akan diantar ke lokasi/spot yang diinginkan pemancing oleh tukang perahu,  atau jika rekan-rekan pemancing yang gres pertama kali ke kawasan tersebut mampu menanyakan pribadi lapak yang masih kosong dan rupawan hasil tangkapan ikan sebelumnya ke tukang perahu tersebut, Harga untuk menyewa perahu biasanya untuk antar dan jemput sekitar Rp 20.000,- tergantung jauh bersahabat spot danlapak yang ditujunya,sedangkan untuk sewa rakit di setiap lapak sekitar Rp 10.000 /24 jam. 

Suasana Pagi Di spot Radin cipicung

Spot Radin Cpicung
Adapun nama-nama Spot yang yang mampu dilalui  dari Dermaga Cipicung/pasir geulis ini diantaranya yaitu lapak : Angkeb, buleud hareup, cirawa, radin, rabuy, sereh, omas..tangkil, rawa buaya, pasir gogog, cikadu, LA, rasman, randu, eyang, cihanyir, sereh rasman ,sereh eceng, randu, Pasir hayam, Omas tukang, Jojontor, bangkong, dll. Dari  masing-masing spot ini terdapat lapak /rakit , nama lapak/ rakit biasanya tergantung dari orang yang memepunyai rakit tersebut.

 5. Spot Palumbon,
Spot ini terletak di Desa Citamiang kecamatan manis , Untuk menuju ke spot ini mampu menggunakan kendaraan umum atau pribadi, arah menuju lokasi  ini melalui  jalan  raya Plered/ Cikalong jalur utama Bandung- Purwakarta , setelah itu masuk ke jalan raya Cikalong-Cipendeuy seterusnya belok kanan menuju jalan raya Sirnagalih cipendeuy kemudian terus menuju jalan Bendungan Cirata melewati tanggul Cirata selanjutanya  setelah melewati jalan tanggul cirata belok ke kiri pribadi masuk arah jalan palumbon, setelah itu di sepanjang jalan menuju arah ke palumbon di pinggir waduk cirata ada bebarapa lokasi/spot mancing,  untuk di kawasan palumbon ini dikala memancing ada yang harus menyeberang menyewa perahu dan ada yang  tidak usah di menyewa perahu alasannya ialah lapaknya pribadi di pinggir waduk cirata. 
Spot Taneuh Berem Palummbon Cirata
Untuk harga sewa lapak di spot palumbon sekitar Rp 10.000,-/24 jam. Adapun nama-nama lapak yang terletak di spot palumbon ini diantaranya yaitu lapak :  rawa taal, cibuluh, karet, legok nangka, taneuh beureum, cadas, lapak jin, lapak dayat, datar manjah, datar bak, jablay, kawung, cabe, coklat, bahrudin jejen, bayat badot, Patok beusi.

6. Spot Jangari, 
Dermaga Jangari
Spot ini terletak di Kabupaten Cianjur , Untuk menuju ke spot ini mampu menggunakan kendaraan umum atau pribadi, arah menuju lokasi  ini melalui  jalan  raya Bandung Cianjur  untuk arah pemancing dari Bandung  belok kanan  melalui Jalan Cibogo  Ciranjang  selanjutnya ke jalan raya Jangari, untuk pemancing arah dari cianjur melalui jalan Aria Nudatar selanjutnya melalui jalan raya Jangari  . diujung  Jalan Jangari ada dermaga. 
 
Spot Sangkali

Dermaga Ciputri Jangari

 Di dermaga tersebut banyak perahu yang akan mengantarkan pemancing Ke spot  di kawasan jangari atau pemancing tidak usah menyewa perahu karea banyak  lapak-lapak yang tidak usah menyebrang di sepanjang kawasan jangari. Spot Menyebrang : Sangkali, Ciputri.
 Demikian sekilas penjelasan wacana Spot/lokasi mancing yang terkenal di waduk Cirata lengkap dengan nama lapak di masing-masing spot tersebut. Kepada pembaca dan rekan-rekan pemancing alam liar , Apabila ada kesalahan dari penulis wacana spot dan lapaknya mohon mengoreksi dengan mengirimnya di kolom komentar(Comment) di dibawah web ini . Terima kasih.
Salam Strike & Salam Jejer/joran melenoy .

Komentar

  1. Thanjs infonya, https://bit.ly/2NXBPmQ

    BalasHapus
  2. Mantap infonya, https://avoloe.com

    BalasHapus
  3. How to Make Money From Sports Betting
    If you're an expert on the sports betting industry and you're looking for some top online betting platforms, we are the place to give หาเงินออนไลน์ you an in-depth

    BalasHapus

Posting Komentar