SEJARAH WADUK CANDI MUNCAR WONOGIRI



Naik rakit di Waduk Candi Muncar, Bubakan, Girimarto, Kabupaten Wonogiri
WADUK CANDI MUNCAR telah menjadi daerah rekreasi gres di Desa Bubakan, Kecamatan Girmarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Warga setempat berhasil mewujudkan obyek wisata berkat kegigihannya menghidupkan kembali waduk tersebut.

Lalu bagai mana sejarah berdirinya WADUK CANDI MUNCAR? Begini ceritanya gaeesss.....
Pada suatu hari....
Pemerintah dan masyarakat ingin membuat bendungan untuk menyediakan irigasi. Setelah mencari-cari, jadinya mereka menemukan satu daerah yang cocok untuk membangun bendungan, yakni di lembah Candi Muncar, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto.

Singkat kata, pemerintah kemudian mulai membangun bendungan pada tanggal 15 Mei 1976. Nama proyeknya yaitu Pembangunan Wadukan Candi Muncar Girimarto. Pembangunannya selesai setahun kemudian, tepatnya tanggal 31 Maret 1977.

Waduk Muncar kemudian diresmikan oleh Bupati Wonogiri ketika itu, KRMH Soemoharmoyo. tanggal 8 Agustus 1977. Prasasti peresmian WADUK CANDI MUNCAR masih mampu dilihat di bab selatan tubuh bendungan.

Prasasti peresmian Waduk candi Muncar, Bubakan, Girmarto, Kabupaten Wonogiri

Menurut Pak Sarno yang jadi pemandu wisata, WADUK CANDI MUNCAR menempati tanah desa seluas 1,1 hektare. Waduk itu pada awalnya mampu menyuplai air irigasi sepanjang enam kilometer hingga ke Dusun Setalang.dan Ngrongga.

Tetapi beberapa tahun lalu terjadi tanah longsor di hulu sungai. Akibatnya, longsoran tanah hanyut dan mengendap di waduk. Endapan tanah semakin tinggi dan menutupi seluruh permukaan waduk, sehingga waduk tidak mampu berfungsi.

Pada bulan November , warga mulai membersihkan endapan di waduk. Hanya menggunakan cangkul, mereka membuat parit-parit kecil semoga tanah mudah dialirkan ke luar waduk.

Lihat videonya : Asyik... Naik Getek di Waduk Candi Muncar

Pada bulan  Februari 2017, mereka berhasil menghidupkan kembali WADUK CANDI MUNCAR. Waduk kembali terisi air sehingga ibarat telaga yang jernih kemudian diisi ikan nila.

Baca juga : Pohon Koncangan Raksasa di Hutan Muncar
 
WADUK CANDI MUNCAR kini lebih diarahkan sebagai daerah rekreasi alam yang keren. Pengunjung mampu berakit-rakit ke hulu, eh... keliling waduk aja ya... hehe.
Yang penting tetap hati-hati lho gaeesss.... Coz kedalaman airnya mencapai enam meter lebih.

Komentar