MENGENAL SPOT-SPOT MANCING YANG BISA DILALUI DARI DERMAGA PARANG GOMBONG WADUK JATILUHUR


Salam Jedud ....Joran Melengkung Mardohay di Rakit ....
Pada kesempatan ini Penulis akan memperkenalkan spot-spot di waduk Jatiluhur yang mampu dilalui dari dermaga penyeberangan Parang gombong. Sebelumnya kami akan memperkenalkan  dermaga Parang Gombong , dermaga ini terletak di paling ujung waduk Jatiluhur, untuk melalui dermaga ini para anglers jika menggunakan kendaraan roda empat mampu melalui tol Cipularang kemudian keluar( exit ) Pintu tol Ciganea Purwakarta,  setelah itu  masuk raya Ir. H. Juanda kemudian masuk lagi ke   arah bendungan jatiluhur, masuk Jalan Raya curug atau  jalan ke arah PT INDOSAT ( arah jalannya hampir sama menuju  Dermaga Serpis tetapi jika ke dermaga serpis belok kiri , jika ke dermaga Parang gombong lurus terus ), Lama perjalanan menuju dermaga bendo gombong sekitar setengah jam dari Pintu Tol Keluar Ciganea . Kalau menggunakan Kendaraan roda 2 mampu menggunakan Jalur Raya Bandung Purwakarta kemudian masuk Jalan Ciganea untuk selanjutnya mnggunakan jalur yang sama ibarat penjelasan ia atas. 
 Di pintu masuk dermaga Parang Gombong Banyak Warung-warung yang menyediakan peralatan mancing hingga makanan . juga di depan warung-warung tersebut tempat menitipkan atau memarkirkan kendaraan. Sebagai isu aksesori untuk parkir kendaraan roda empat Rp 10.000,- untuk menitipkan kendaraan roda dua Rp 5.000,-. 

Spot Mancing Jatiluhur 

Dermaga Parang Gombong Jatiluhur
Harga Sewa Perahu bargas untuk menuju ke lokasi lapak atau spot sekitar Rp 25.000, untuk antar jemput .
Untuk  lebih jelasnya kami akan menjelaskan Spot-spot, aksara spot , umpan yang cocok digunakan di masing-masing spot , Spot-spot itu ialah :

1. Spot Pasir Kole  
Spot Pasir kole  paling terdekat dari dermaga Parang gombong , Untuk hingga ke Spot ini para pemancing mampu menggunakan Perahu atau bargas dari dermaga Parang gombong , harga Sewa perahunya sekitar Rp , 25.000,- / pp, untuk antar dan jemput atau mampu di lalui melalui jalan darat menggunakan Kendaraan roda 4  atau 2 dengan resiko kondisi jalan yang agak ekstrim. Spot- spot di  pasir kole terdapat beberapa rakit yang mampu di sewa/ di pakai untuk memancing  diantaranya Rakit mang Nana , Rakit Mang Nyamin juga ada beberapa rakit pribadi ( rakit yang dibuat khusus oleh pengelola lapak/rakit untuk pemilik yang membangun rakit tersebut, Biasanya rakit langsung mampu di pakai saat pemiliknya tidak memancing ). Harga sewa Rakit sebesar Rp 10.000 per 24 jam .
Spot Pasir Kole

Spot Pasir Kole Rakit Pribadi
Spot Pasir Kole Rakit Nana
Spot Pasir Kole rakit Nyamin


















Karakter spot pasir kole di area tempat mancingnya  banyak batu- watu besar sehingga ikan-ikannya makan tidak di dasar air tetapi di pertengahan air waduk maka biasanya  para anglers  menggunakan kail yang di gantung , Untuk menerima hasil tangkapan ikan Nila yang besar biasanya  titik spot melempar umpan juga lumayan jauh sekitar 10 hingga 20 meter . Umpan yang cocok digunakan di spot  ini menggunakan Lumut atau Lukut biasanya menghasilkan tangkapan ikan nila yang besar , mampu juga menggunakan Umpan cacing tetapi jika menggunakan Cacing ikan hasil tangkapan kecil-kecil bahkan kemungkinan besar di makan sama ikan yang tidak di harapkan ibarat ikan Oscar, ikan red devil  atau jenis ikan lain selain Ikan Nila . Untuk pengumpul ikan di spot ini  biasanya menggunakan Bandul yang di buat khusus dari campuran Dedak, di tambah benyer atau beras sisa penggilingan, Bandul ini mampu di pesan di sekitar dermaga Parang gombong .
Untuk isu Umpan Lumut, Bandul Pangawur, Spot sama bargas kami lampirkan beberapa no Handpone yang mampu dihubungi di tempat Parang Gombong :
* Mang Horas untuk info lapak/spot, pesan bandul atau pangawur warung, Bargas   no hp 081294396145
* Mang Dede Untuk Pesan Umpan Lumut/Lukut dan Bandul/Pangawur tempat Ciputat sebelum tempat Parang Gombong lokasi Warung sebelah Kanan yang ada empang No Hp 085215058629.
* Mang Bana Pengelola dan pemilik Rakit di spot Karadak  no Hp 081295274089
*  Kang Indra untuk Bandul Khusus di spot karadak dan Pemilik Rakit Di Spot karadak Daerah Cadas bodas  No hp 0877798819008
* Kang  Wawan perahu atau Bargas yang khusus ke spot Karadak No HP 081314965271
* Kang Olay/Oray  perahu Bargas Di Dermaga Parang gombong No HP 082283257416
* Mang Pardi Pengelola dan pemilik Rakit di Spot Pangarangan  No HP 081290397840
* Kang Ujang Perahu atau Bargas di Dermaga Pargom yang mampu mengantar ke spot Pangarangan No HP 081381134516

2. Spot Karadak 
Spot Karadak terletak setelah spot pasir kole , untuk menuju ke spot ini para anglers menyewa perahu atau bargas sekitar Rp 25.000, -/ PP , untuk Spot ini biasanya menggunakan Bargas kang Wawan kontak person nya sudah ada diatas, alasannya untuk menerima rakit yang rupawan atau ikannya banyak harus memesan dahulu ke kang Wawan atau pemilik pengelola/ pemilk rakit ialah Mang Bana. Rakit Yang terdapat di Spot karadak sudah di beri Nama diantaranya Rakit Bodas, Rakit Biru , Rakit Pribadi Cibungur , Rakit Orange , Rakit wahangan , Rakit Jojontor , Rakit Cadas bodas .
Spot Karadak

Spot Karadak Rakit  langsung Bodas

Spot Karadak Rakit Pribadi Cibungur

Spot Karadak Rakit Biru

SPot karadak Rakit Orange

Spot Karadak Rakit Cibungur

Spot Karadak



Spot Karadak Rakit Orange
 Untuk Karakter spot Karadak ini identik ibarat Spot pasir Kole  di area tempat mancingnya  banyak batu- watu besar sehingga ikan-ikannya makan tidak di dasar air tetapi di pertengahan air waduk maka biasanya  para anglers  menggunakan kail yang di gantung , Untuk menerima hasil tangkapan ikan Nila yang besar biasanya  titik spot melempar umpan juga lumayan jauh sekitar 10 hingga 20 meter . Umpan yang cocok digunakan di spot  ini menggunakan Lumut atau Lukut biasanya menghasilkan tangkapan ikan nila yang besar , mampu juga menggunakan Umpan cacing tetapi jika menggunakan Cacing ikan hasil tangkapan kecil-kecil bahkan kemungkinan besar di makan sama ikan yang tidak di harapkan ibarat ikan Oscar, ikan red devil  atau jenis ikan lain selain Ikan Nila . Untuk pengumpul ikan di spot ini  biasanya menggunakan Bandul yang di buat khusus dari campuran Dedak, di tambah benyer atau beras sisa penggilingan, Bandul ini mampu di pesan di sekitar dermaga Parang gombong . 
 Untuk Spot-spot  lainnya ibarat Kandang Embe, Saladah, Pangarangan , Madang , Harga Rakit , Harga sewa Perahu serta Karakter Spot hampir sama dengan dengan spot Pasir kole dan Karadak di mana ikan nila hasil tangkapan besar-besar .
Spot sangkar Embe

Rakit  Mang Azis Kandang embe

Spot Kandang Embe

Spot Pangarangan

Spot Saladah

Spot Madang

 Nah demikian Sekilas ihwal spot-spot yang mampu di lalui dari dermaga Parang Gombong . Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan serta ada yang lebih tahu ihwal spot-spot tersebut. maksud dan tujuan penulisan spot ini sebagai materi dokumentasi Penulis dan ingin mengembangkan isu dengan sesama pemancing .
Mohon saran dan koreksi untuk kami dari rekan rekan pemancing yang telah berpengalaman di dunia mancing alam liar . Terimakasih .
Salam Strike dan jejer melendoy


Komentar

Posting Komentar