Mengenal Spot Mancing NGANTAY Galumpit Jatiluhur

Salam Jedud , Salam Jejer Melenoy...Strikeee .........
Pagi Rekan-rekan Pemancing  , setelah pada postingan sebelumnya wacana Waduk Jatiluhur, Spot Waduk Jatiluhur, Sekarang kita menuju Ke salah satu spot/ lokasi yang ada di waduk tersebut. Spot yang penulis Kunjungi yaitu Spot Ngantay. Spot ini  mampu di lalui dari dermaga Warung jeruk/ galumpit , jalan  menuju dermaga ini sudah dijelaskan pada postingan Spot Waduk Jatiluhur. dari dermaga ini rekan-rekan pemancing harus menggunakan perahu (Bargas), lama perjalanan sekitar 10 menit sudah hingga di spot ini. 
Dermaga Warung Jeruk / Galumpit
 setelah pada postingan sebelumnya wacana  Mengenal Spot Mancing NGANTAY Galumpit Jatiluhur
SPOT NGANTAY

Di spot/ Lokasi ngantay ini terdapat sekitar 6 rakit , masing-masing rakit mampu di isi 3 hingga 5 orang pemancing tergantung panjangnya. Lapak/rakit yang ada di spot ini masing-masing milik Bah kaya dan Bah Nurdin, disini juga ada juga Lapak/rakit pribadi , rakit pribadi ini pemiliknya yakni rekan pemancing dari luar daerah spot tersebut yang membeli dari pemilik rakit sebelumnya menyerupai bah kaya atau Bah Nurdin namun pengurusannya tetap di lakukan oleh pemilik setempat dan rekan pemilik rakit pribadi ini apabila mau memancing mampu menggunakan lapak/rakit ini kapan saja tanpa harus antri dengan rekan-rekan pemancing yang menyewa . Harga Satu rakit pribadi untuk kapasitas 3 orang sekitar 2 juta rupiah.
Persiapan sebelum ke lokasi Spot mancing ini , antara lain :
  • Untuk hari libur usahakan jam 4 Sore hari sebelumnya sudah di Dermaga Warung Jeruk/Galumpit ( pelabuhan bargas ), sebab jika datang malam hari biasanya Lapak/ rakit tersebut sudah penuh...banyak peminat ke lapak tersebut. 
  • Membawa makanan ringan biar nggak kelaparan malam hari
  • Membawa Alat penerangan menyerupai lampu Senter, lampu Led yang mampu di charge ke powerbank 
  • Membawa peralatan Tidur menyerupai tempat tidur gantung (hammock), matras portable untuk bantalan duduk
  • Joran untuk spot mancing liar di rakit biasa nya yang lentur dan panjang 100 cm hingga 200cm
  • Peralatan cadangan kail , Timah pemberat
  • Senar biasanya mengunakan 8lbs hingga 12lbs
  • Bawa tempat lumut biar mudah untuk di pasang di kail ( mangkuk/ bejana )
  • Siapkan umpan lumut dan cacing ( beli di jangari lumut Rp 5000 & cacing 10 ribu cukup untuk sehari )
  • Siapkan racikan umpan Geleng 
  • Buat racikan pengumpul ikan ( Gutukan/ bandul ) dari pellet + beras bubuk (beunyeur ) + udang rebon + selera sendiri.
Peralatan dan Umpan Mancing Di waduk


















Setelah persiapan beres penulis bersama rekan2 pemancing lainnya ( kebetulan penulis bersama rekan-rekan dari kantor menjadwalkan seminggu sekali berangkat mancing di waduk biasanya berangkat hari jumat sore atau malam)  pribadi temuin sopir perahu ( bargas ) untuk menuju ke lokasi Spot Ngantay  arahnya di sebelah Selatan waduk Jatiluhur. Sopir Perahu  yang jadi menjadi langganan kami  namanya Bah Japrep, dia sudah di hubungi sebelumnya dan  sudah stand by dari sesuai undangan kita. ( bukan promosi loch  naik perahu bah japrep memang orangnya friendy banget) dan untuk ongkos kesana Rp. 25.000 PP.  Sampai dilokasi sekitar  jam 4.30 sore, Di spot Ngantay kebetulan gres ada 2 orang pemancing , kita menuju lapak/rakit  kosong pemiliknya bah Kaya , Harga sewa rakit Rp 10.000 /24 jam , disana terserah rekan-rekan pemancing, mau pribadi lempar umpan atau mau istirahat dulu di atas rakit dengan goyangan air sambil menikmati pemandangan alam waduk sore hari yang begitu indahnya .

Sesudah persiapan memasang joran final , kita mulai melempar gutuka/bandul yang telah diipersiapkan sebelumnya dengan maksud untuk mengumpulkan ikan , ketika matahari mulai terbenam, nah kita pribadi mulai dengan melempar  jangan terlalu jauh sob, cukup satu meter sampai dua meter di depan kita biar ikan ngumpulnya gak terlalu jauh biasanya teman yang sering mancing ke spot rakit selalu membawa joran lebih dari satu, biasanya 7  joran, jangan nunggu lama lagi, kita pribadi lempar umpan geleng,cacing dan lumut ke lokasi umpan racikan tadi, biasanya gak nunggu lama pasti ada sambaran ikan, untuk Mancing di Spot   ini ikannya lumayan besar besar, dan biasanya yang jadi favorit ikan mas dan nila babon berat lebih dari 1 kg satunya. untuk setingan pancing di sana dengan bandul timah di atas dan kail pancing dibawahnya kira-kira 5 cm hingga 10 cm.
Setelah sore keesokan harinya tiba sekitar  pukul 16.00  perahu  bargas yang menjemput untuk pulang datang , nah disini rekan-rekan ada hal yang paling jengkel sebab kadang ikan sedang galak-galaknya makan umpan dan mau gak mau kita harus pulang meninggalkan spot tersebut, tapi jangan kecewa rekan-rekan kita lanjut di lain waktu.

Itulah pengalaman sekaligus tips untuk rekan-rekan pemancing yang mau ,merasakas suka duka, strike ikan di Spot Ngantay rakit bah Kaya. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan pemancing di waduk .
Apabila ada masukan silahkan komen di bawah ini . Terima kasih.

Komentar

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2DdSyN6

    BalasHapus

Posting Komentar