Memancing di spot Pantai Karang Bandung, Nusakambangan Cilacap

Karang Bandung, sebuah pantai di timur Nusakambangan dimana di sinilah awal mulainya pantai Nusakambangan yang berhadapan pribadi dengan samudera hindia, konon di sinilah bunga Wijaya Kusuma berasal dan menjadi episode dari simbol / logo kabupaten Cilacap.  Sebuah pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan alasannya ialah memang harus melalui medan darat yang cukup berat, bekerjsama mampu sih menggunakan jalur laut, tapi harus mengeluarkan kocek yang lumayan biar mampu hingga di pantai karang bandung, juga tidak sewaktu-waktu perahu mampu menuju kesana, harus mempertimbangkan baik cuaca maupun keadaan gelombang laut. Mancing di spot pantai Karang bandung Nusakambangan Cilacap masih sangat menjanjikan, khususnya kategori ikan kecil 3-5 jarian.

Pantai Karang Bandung

Walaupun jalur darat lumayan berat dan membutuhkan stamina yang cukup, tapi bagi aku itulah tantangannya, aku mampu menikmati alam bebas, hewan-hewan khas nusakambangan, kicauan burung-burung nusakambangan dan yang terpenting ialah menyehatkan. Pemandangan laut karang bandung pun tak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di nusakambangan.


Hasil mancing dasaran

Perjalanan dimulai dari pantai teluk penyu, tepatnya di pantai areal 70 depan wisata benteng pendem untuk meyeberang dengan perahu wisata menuju ke dermaga pantai karang tengah nusakambangan, dilanjutkan dengan jalan kaki menaiki bukit nusakambangan, jikalau sudah terbiasa ke karang bandung lewat jalur darat perjalanan mampu ditempuh kurang lebih 45-60 menit. 

Baca : SBM Cilacap, spotnya para penakluk monster

Jika belum pernah ke karang bandung melalui jalur darat, sebaiknya ada guide yang mampu membawa ke sana, pada awalnya memang hanya satu jalan utama, jalan satu jalur menuju ke menara cimiring, pantai kali empat dan pantai karang bandung, jalannya pun masih berkerikil dan berbatu cadas tak beraturan, tapi saat hingga di atas bukit nanti akan keluar jalur utama dan masuk ke dalam hutan melalui jalan setapak yang kadang bila demam isu hujan tiba jalur biasanya tertutup oleh rumput / semak yang gres tumbuh sehingga dapat menutup jalur dan mampu membuat kehilangan jalur.

 
Hasil mancing dasaran di pantai karang bandung

Memancing???, yah itulah tujuan aku ke karang bandung, entah sudah berapa kali aku ke sana baik menginap maupun mancing sehari penuh, menyerupai tidak ada rasa bosan, hingga aku lupa menghitungnya. Karang bandung ialah pantai yang berkarakter karang dangkal, dan nyaris tidak berpasir, tidak menyerupai pantai bonsai, kali empat dan lainnya. Di karang bandung cocok untuk mengaplikasikan mancing teknik casting dan dasaran. Jenis ikannya pun beragam ada kerapu, kakap, baby GT dan lain-lain, bahkan beberapa kali pernah menerima ikan hiu karang. Faktor pasang surut air akan sangat menentukan keberhasilan kita memancing di pantai karang bandung. Anda penasaran…? Silahkan menjajal spot mancing di nusakambangan ini khususnya spot karang bandung.


Hasil mancing casting




Salam Mancing.

Komentar