Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan




sumber gambar: www.nwtilapia.com/images/Pureline.jpg

Banyak sekali manfaat kalau kita mengonsumsi ikan nila bagi kehidupan kita, diantaranya untuk kesehatan jantung, kesehatan otak kita, mencegah penuaan dini dan masih banyak lagi. Silakan simak informasi dibawah ini.
   

Kesehatan Jantung:
Ikan Nila dan mujaer yakni sumber omega–3, yang secara eksklusif terkait dengan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular manusia. Ada beberapa kontroversi wacana ikan yang pada umumnya tinggi kolesterol LDL, namun penelitian telah menunjukkan bahwa efek menguntungkan omega-3 lebih besar daripada risiko yang bisa dihadirkan oleh omega-6. Asam lemak Omega-3 membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang juga ditemukan pada ikan nila juga merupakan vasodilator, dan bersifat mengurangi tekanan darah.    

Kesehatan Otak:
Kalium dan omega–3 yang ditemukan pada ikan nila terkait dengan peningkatan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Kalium akan meningkatkan oksigenasi ke otak, dan juga sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh, yang memfasilitasi respon gugup dan deposisi hara di bab tubuh yang tepat, termasuk otak.    

Penuaan Dini:
Selenium yang dikenal sebagai antioksidan, dapat meremajakan atau merangsang vitamin E dan C, yang keduanya akan meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Oleh alasannya yakni itu, asupan lebih dari 20 %  selenium perhari yang disediakan ikan nila, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan jalan menghentikan kerusakan sel akhir radikal bebas. Hal ini berarti akan mengurangi keriput, kulit kendur, bintik-bintik penuaan,serta  tanda-tanda penuaan lainnya.    

Kesehatan Tulang:
Salah satu mineral yang paling menonjol yang ditemukan dalam ikan nila yakni fosfor. Fosfor merupakan mineral penting bagi kesehatan manusia, alasannya yakni bab penting dari perkembangan dan pertumbuhan bahan tulang. Mineral ini juga merupakan elemen penting untuk pemeliharaan gigi dan kuku, menjaga tetap besar lengan berkuasa dan tahan lama hingga usia tua. Fosfor dapat membantu untuk mencegah osteoporosis, atau penurunan kepadatan mineral tulang, yang sering dialami orang seiring bertambahnya usia. 
 
Berat Badan:
Tidak menyerupai kebanyakan produk hewani lainnya, ikan nila tinggi protein tapi rendah kalori dan lemak. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi asupan kalori Anda, sementara masih menunjukkan tubuh Anda semua nutrisi yang diperlukan. Ikan Nila atau mujaer seringkali menjadi makanan pilihan untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan, tanpa harus tersiksa oleh diet ketat.  


Mencegah Kanker Prostat:
Seperti pada banyak jenis ikan, ikan nila memiliki kandungan selenimum yang sangat tinggi. Selenium yakni senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan alami yang baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan selenium terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, serta aneka macam macam kondisi jantung. Antioksidan, menyerupai halnya selenium dikenal alasannya yakni kemampuan mereka untuk mengurangi acara radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel-sel sehat menjadi kanker.  


Pertumbuhan dan Pengembangan:
Salah satu aspek yang paling penting dari ikan nila yakni kandungan proteinnya yang tinggi.(lebih dari15 % dari kebutuhan harian perporsi). Protein merupakan bab penting dari diet kita terutama protein hewani, alasannya yakni dapatdipecah secara enzimatis menjadi asam amino komposit, dan disusun kembali menjadi protein yang dapat digunakan dalam tubuh manusia. Protein secara eksklusif terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran sel, dan otot. Terutama bagi anak-anak, kecukupan mengkonsumsi protein untuk memastikan perkembangan yang optimal. Protein hewani dari ikan nila sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otot, perbaikan sel, dan acara metabolisme aneka macam organ yang tepat.    


Sistem kekebalan tubuh dan fungsi Tiroid:
Keuntungan selenium terakhir selenium bagi kesehatan yakni untuk sistem kekebalan tubuh. Selenium dapat membantu meningkatkan acara sel-sel darah putih, yang memiliki kegunaan untuk melindungi tubuh dari racun dan benda asing. Selenium juga berperan penting dalam regulasi kelenjar tiroid, yang bertugas mengontrol banyak fungsi hormonal. Berfungsinya kelenjar tiroid akan menjamin keseimbangan metabolisme yang baik, fungsi organ yang tepat, serta reaksi kimia di seluruh tubuh.  
   

Perhatian:
Seperti yang telah kita disebutkan diatas, yaitu nila memiliki kebiasaan alami membersihkan racun di lingkungan habitatnya. Kaprikornus racun bisa saja diserap ke dalam tubuh dan mengendap. Oleh alasannya yakni itu, penting untuk membeli ikan nila dari pertanian yang mengutamakan kualitas kebersihan. Karena ikan nila juga tinggi omega – 6, maka orang dengan kondisi jantung harus berhati-hati makan ikan nila atau mujaer yang terlalu banyak.

Komentar

Posting Komentar