MANCING EKSTREM DI SPILLWAY WADUK GAJAHMUNGKUR

Spot mancing ekstrem di bawah spillway Waduk Gajahmungkur, Wonogiri

Sebenarnya ini tidak saya rekomendasikan sebagai tempat rekreasi sebab berbahaya dan balasannya tinggi. Tapi saya tulis sebab aksi-aksi unik dan menantang yang dilakukan para pemancing di tempat ini.

Salah satu spot memancing ekstrem yang satu ini ada di bawah pintu pelimpasan air (spillway) waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri. Untuk mencapainya, lewat Tugu Kalpataru ke arah selatan hingga akrab kantor Perum Jasa Tirta Wonogiri. Setelah itu belok kiri, masuk ke jalan setapak hingga di bawah spillway.

Hanya di waktu-waktu tertentu spillway dibuka, sehingga menggelontorkan ratusan meter kubik air dari Waduk Gajahmungkur ke Sungai Bengawan Solo. Alhasil, di bawah spillway terlihat menyerupai gerojokan dengan debit yang sangat besar.

Lihat videonya : Mancing Mania Ekstrem di Waduk Gajah Mungkur

Spillway biasanya dibuka dikala ekspresi dominan hujan, ketika volume air waduk terlalu banyak. Momentum itu menjadi daya tarik tersendiri buat para pemancing. Karena dikala spillway dibuka dan membentuk air terjun, banyak ikan berkumpul di bawahnya.

Tapi cara memancing di bawah spillway ini lain dari yang lain, lho gaeesss... Mereka memancing tidak pakai umpan, tapi dengan cara ngethek atau nggarong.Yaitu banyak kail yang dipasang atau dirangkai dalam satu tali pancing. Kadang mampu mencapai belasan kail dalam satu pancing.

Nah, kail itu kemudian dilemparkan ke dalam air, tepatnya di bawah gerojokan tadi. Begitu masuk ke dalam air, pemancing akan segera menariknya dengan cepat. Kalau sedang beruntung, akan ada ikan yang nyangkut atau kecantol di salah satu kail. Kadang ada yang nyantol di episode ekor, punggung, perut dan sebagainya.

Ikan favorit di spot mancing ini yakni jambal atau patin. Ikan patinnya jumbo-jumbo brooo... Pernah ada yang dapat patin seberat 5-8 kg di tempat itu. Tapi, jikalau ke tempat ini harus waspada ya gaeesss... Lengah sedikit mampu kepeleset nyebur ke sungai. Wah, mampu gawat nanti.

Spot memancing di Waduk Gajahmungkur, Kedung Areng, Wonogiri
Btw, masih banyak kok spot-spot memancing di Waduk Gajahmungkur yang ngga kalah keren dan asyik. Contohnya di kawasan Kedungareng, Cakaran, dan Gudang. Pemandangan alamnya baiklah punya, cocok buat rekreasi. Apalagi jikalau dapat banyak ikan, mantab brooo..... hahaha....

Spot memancing di Waduk Gajahmungkur, Cakaran, Wonogiri

Komentar