Informasi spot mancing di sekitaran laut Cilacap

Untuk urusan spot mancing di Cilacap tergolong sangat melimpah, dikarenakan kabupaten Cilacap mempunyai garis pantai yang sangat panjang. Buat penghobi mancing dari Cilacap tentu tidak akan sulit menemukan spot mancing di sekitaran laut Cilacap, tetapi jikalau penghobi mancing dari luar kota Cilacap dan masih sangat awam dengan lokasi mancing di Cilacap tentu harus menggali dulu berita perihal spot mancing di sekitaran Cilacap. Berikut ini aku ingin membuatkan beberapa berita spot mancing di pantai atau laut Cilacap, khususnya spot pinggiran saja.

Spot mancing trekdam pantai Teluk Penyu
Trekdam atau pemecah gelombang ini terletak di dalam area wisata pantai Teluk Penyu, dari ujung utara hingga ujung selatan pantai Teluk Penyu, ada banyak trekdam di sepanjang garis pantai Teluk Penyu. Hampir di semua trekdam terdapat ikannya karena trekdam menjadi  rumpon maupun tempat berlindung yang baik untuk ikan, trekdam paling favorit untuk pemancing biasa yang di trekdam satu dan dua dari selatan. Ikan yang biasa di dapat pemancing yaitu ikan kiper, bekukon, kiper, belanak, cangkek, bojor dan ikan kecil lainnya.
Spot mancing trekdam Teluk Penyu dan trekdam jongor
Spot mancing jongor pantai Teluk Penyu
Spot jongor gotong royong masih di kategorikan trekdam atau breakwater, cuma bentuknya yang berbeda. Kalau trekdam bentuknya mirip pilar-pilar jembatan sedangkan jongor full beton dan mirip tanggul. Spot jongor terletak di ujung selatan pantai Teluk Penyu tepatnya di pantai Pertamina areal 70. Ikan yang biasa didapat di spot jongor yaitu ikan bekukon, kerapu, kuro/mbaleng, kue. Bagi yang suka ngotrek ikan tembang maupun ikan teri menjadi keaasikan tersendiri mancing di spot ini. 


Spot mancing cakar ayam PPSC dan cakar ayam syahbandar PPSC
Cakar ayam ini berada di belakang tempat Pelabulahan Perikanan Samudra Cilacap dan syahbandar PPSC. Cakar ayam berfungsi sebagai penahan gelombang biar lalulintas perahu nelayan mampu leluasa keluar masuk ke laut lepas tanpa diterjang gelombang laut, panjang cakar ayam ini sekitar 300 hingga 400 meter dari bibir pantai hingga ke tengah laut. Jika sedang animo ikan berbagai pemancing yang memancing di spot ini. Ikan yang didapat pemancing antara lain, ikan bekukon, cangkek/kue, jenaha/tembelan, kerapu, japu, mamung dan terkadang bila beruntung mampu menerima baramundi. Demi kenyamanan dalam memancing di sekitaran spot cakar ayam ini, gunakanlah joran panjang minimal 4,5 meter.
Spot mancing cakar ayam PPSC dan Spot pasiran pantai RSPC
Spot mancing pasiran pantai belakang Rumah Sakit Pertamina Cilacap.
Lokasi pantai ini sempurna berada di belakang rumah sakit pertamina Cilacap (RSPC) Di pantai ini sangat cocok untuk memancing jenis ikan bojor, kue, mamung terkadang juga terdapat ikan pari ukuran sedang. Kendala mancing di spot ini yaitu lemparannya harus jauh ke tengah, maka diharapkan joran surf yang lumayan panjang.

Baca : SBM Cilacap, spotnya para penakluk monster 

Spot mancing muara sungai serayu atau bedahan
Muara sungai serayu atau biasa disebut dengan bedahan ini terletak di timur PLTU desa Karangkandri, atau di tengah tengah antara PLTU Karangkandri dan PLTU Bunton Adipala. Waktu yang baik mancing di muara serayu atau bedahan ini saat animo kemarau atau bulan juli hingga oktober, karena pada bulan itu airnya tidak terlalu keruh juga tidak terlalu banyak sampah yang hanyut. Jenis ikan yang biasa didapat di muara sungai serayu ini mirip ikan kakap, bekukon, kue, baramundi, mangrovejack maupun ikan jahan.
Spot mancing muara sungai serayu dan spot jembatan serayu penggalang
Spot mancing jembatan serayu Penggalang Adipala dan sekitarnya
Spot ini tidak terlalu jauh dari spot muara sungai serayu dan sangat mudah dijangkau karena letaknya memang di jalur jalan negara. Bagi yang hobi memancing ikan belanak di sinilah tempatnya. Bila sedang musimnya, jembatan ini selalu dipadati para pemancing belanak dan hampir tidak pernah sepi. Para pemancing dasaran disekitaran jembatan serayu pun sangatlah banyak, ikan yang biasa didapat menggunakan teknik dasaran biasanya jenis ikan kakap mirip bekukon, MJ maupun baramundi. Mancing udang watang / udang galah disini juga sangat bagus, karena sepanjang tepian sungai serayu terdapat timbunan batu-batu gunung yang berfungsi untuk menahan abrasi.
Spot mancing muara sungai Karanganyar Bunton
Spot muara karang anyar ini terletak di timur PLTU Bunton, tepatnya di ujung barat gunung Selok Adipala. Sungainya tidak terlalu dalam, tetapi untuk memancing ikan ukuran sedang di spot ini masih lumayan gampang, ikan yang didapat biasanya ikan mangrovejack, bekukon, baramundi dan belanak. 
Spot mancing muara sungai Karanganyar Bunton dan spot trekdam Sleko Cilacap
Spot mancing trekdam sleko
Spot trekdam atau brekwater Sleko berada di tempat pelabuhan Tanjung Intan, tepatnya di belakang pelabuhan Tanjung Intan. Trekdam ini berfungsi untuk menahan lumpur maupun sampah yang terbawa arus dari laguna Segara Anakan guna meminimalisir sedimentasi di sekitaran pelabuhan Tanjung Intan, lebar trekdam ini kurang lebih 1 meter dengan panjang lebih dari 300 meter. Hanya saja jikalau ingin mancing di sini harus menyeberang dulu dengan perahu dari dermaga penyeberangan sleko, perjalanan menyeberang hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja. Biaya penyeberangan untuk sekali antar menggunakan perahu yaitu Rp5000 saja. Ada beberapa perahu yang biasa menunjukkan jasa penyeberangan untuk para pemancing di dermaga penyeberangan Sleko. Ikan biasa yang didapat di trekdam ini umumnya ikan berukuran kecil sampe sedang, jenisnya pun macam macam, mirip jenaha/tambalan, bojor, kerong kerong, jenis kue, kakap, japu maupun baronang/semadar. Bagi yng suka mancing teknik garong jenis baronang, di trekdam sleko ini masih lumayan menjanjikan.


Spot mancing dermaga navigasi Cilacap.
Dermaga gudang navigasi Cilacap yaitu dermaga khusus untuk bersandarnya kapal yang terkait dengan perawatan alat atau rambu-rambu navigasi kapal milik pelabuhan Cilacap. 
Dernmaga gudang navigasi Cilacap ini terletak di sebelah utara dermaga penyeberangan Sleko. Spot dermaga ini tidaklah terlalu besar, tetapi selalu ramai oleh para pemancing terlebih jikalau sore hari. Ikan yang biasa di dapat di spot ini pun bervariatif dari ikan kiper, ikan kue/cangkek, jenaha/tambalan, kerong-kerong, bekukon dan ikan lainnya. Jika ingin khusus mancing atau matis ikan belanak ini yaitu spot yang sangat direkomendasikan atau disarankan. Jika keadaan air sedang bagus, para pemancing atau pematis belanak selalu ramai di tempat ini.
Spot mancing dermaga navigasi dan dermaga penyeberangan Wringin
Spot mancing dermaga penyeberangan Wringin
Dermaga penyeberangan Wringin yaitu dermaga yang difungsikan untuk penyeberangan perahu menuju desa Jojok, tetapi lebih banyak difungsikan untuk angkutan penyeberangan bahan-bahan material bangunan dan angkutan barang lainnya. Dermaga penyeberangan Wringin terletak di utara Pertamina RU IV Cilacap, atau masih dalam tempat industri Lomanis Cilacap. Di dermaga ini ada spot khusus untuk mancing ikan belanak, untuk mancing dasaran ikan yang didapat biasanya yaitu ikan kakap, ikan jenaha, kerapu, kue, MJ, bekukon ukuran sedang.

Demikian berita spot mancing di pantai Cilacap yang aku ulas, dan itu hanya gambaran sebagian kecil serta masih mudah dijangkau saja, gotong royong masih banyak banget spot-spot kecil dan tentunya masih potensial untuk mancing, belum lagi spot mancing pinggiran di pulau Nusakambangan Timur. Di lain waktu aku akan menulis khusus satu persatu spot mancing pinggiran di Pulau Nusakambangan.

Jika merasa terbantu oleh artikel ini silahkan share di media sosial.
Salam satu hobi mancing.

Komentar