GUA BARU DITEMUKAN DI PARANGGUPITO


Gua Reso, Desa Ketos, Paranggupito, Wonogiri
 Kawasan Karst Kabupaten Wonogiri memang menyimpan banyak misteri di bawah lapisan tanahnya. Salah satunya ditemukan oleh Dusun Sambi RT1 RW5 Desa Ketos, Kecamatan Paranggupito. Pada awal Maret 2017 ini mereka menemukan sebuah gua gres di pekarangan tanah warga.

Mendengar kabar itu, aku bergegas meluncur alasannya yaitu penasaran. Kecamatan Paranggupito merupakan wilayah Kabupaten Wonogiri yang paling selatan. Jarak dari sentra kabupaten sekitar 60-70 kilometer.

Tonton videonya : Gua Baru Ditemukan di Paranggupito

Lokasi gua gres itu sendiri bahu-membahu tidak sulit ditemukan. Sebab, letaknya hanya berkisar 100 meter dari belakang Pasar Paranggupito. Setelah turun dari sepeda motor, aku cukup berjalan kaki sekitar 10 meter menaiki bukit.dan sudah hingga di verbal gua. Gua itu dinamai Gua Reso alasannya yaitu berada di tanah milik almarhum Pak Reso.
 
Gua Reso, Desa Ketos, Paranggupito, Wonogiri
 Di dampingi warga sekitar, kami memasuki gua. Kami harus menggunakan tangga alasannya yaitu kedalaman gua mencapai lima meter. Harus sedikit merangkak jikalau mau masuk lebih dalam. Tapi, setelah hingga di dalam, ada sebuah ruang yang agak lebar. Di dalamnya dihiasi banyak stalaktit dan stalagmit yang masih alami. Akhirnya, rasa penasaran aku pun terobati....hehe.

Menurut masyarakat setempat, gua itu bisa lebih dalam dari pada yang kami jangkau ketika ini. Beberapa lorongnya diyakini bisa menembus sisi lain bukit  tersebut. Bahkan, mereka yakin gua itu terhubung dengan luweng atau sungai bawah tanah. Wow, keren kan....

Komentar