Belanja di aliexpress sangat mudah tanpa kartu kredit

Cara mudah belanja di aliexpress tanpa menggunakan kartu kredit, hanya menggunakan akun doku wallet dan tips belanja di aliexpress.
Bagi sebagian orang belanja secara online menjadi keasikan tersendiri, kita mampu memilih barang dengan harga yang variatif dan kompetitif tanpa harus ribet serta mengeluarkan ongkos untuk transportasi. Perkembangan teknologi memang membuat tumbuh suburnya website berbasis marketplace atau toko online di negara kita maupun di luar negeri. Tidak ada salahnya kita mencoba mengikuti arus perkembangan teknologi untuk mencoba belanja secara online di marketplace aliexpress yang segroup dengan perusahaan alibaba.
Gambar 1
Belanja online di marketplace luar negeri asal tiongkok ini barang serta harga yang ditawarkannya memang sangat menggiurkan, apalagi jenis atau kategori dagangannya sangat banyak dan bervariasi, tampilan websitenya pun sangat sederhana tapi sangat mudah dipahami. Kelebihan lain belanja di aliexpress ini yaitu banyaknya seller yang menunjukkan gratis ongkos kirim tetapi waktu pengirimannya menjadi lebih lama dibanding dengan barang yang kena ongkos kirim. Walaupun dalam transaksi di aliexpress gratis ongkos kirim tapi pada waktu barang hingga pada pembeli tetep dikenanakan biaya repacking oleh pihak pos, dulu sih cuma Rp3000 aja tapi sekarang Rp20.000 atau beda pos beda kebijakan saya ngga tau. Waktu pengiriman dari China ke Indonesia berkisar 20-30 hari.
Gambar 2
Kemudahan lain belanja di aliexpress yaitu kita tidak harus punya kartu kredit untuk membeli barang di sana, tetapi cukup pakai akun doku wallet yang mampu di topup lewat ATM, ATM Bersama, alfamart, alfamidi dan lainnya. Doku wallet secara otomatis akan mengkonversi nilai mata uang Rupiah ke Dollar dengan mengikuti kurs mata uang dollar pada ketika pembelian.

Baca : Refund dana di aliexpress ke doku, ternyata mudah loh

Pengalaman saya belanja online di aliexpress sudah 5 kali tanpa kendala apapun, dan menurut saya sangat aman. Malah pernah satu kali refund dana sebab barang yang hingga sudah rusak oleh ekspedisi dan prosesnya sangat cepat dan juga tergantung respon dari penjualnya. Nanti di bawah saya akan bagikan tipsnya cara belanja secara aman di marketplace aliexpress.
Gambar 3
Berikut cara mudah belanja online di aliexpress menggunakan akun doku wallet dan anggaplah kita sudah mempunyai akun aliexpress serta doku wallet tentunya saldonya mencukupi.
  1. Pilihlah barang yang akan di beli di website aliexpress kemudian masukkan ke chart atau keranjang.
  2. Kemudian kita masuk ke proses pembayaran dan pilih "Buy From This Seller". Lihat Gambar 1
  3. Lalu anda akan dibawa ke halaman "Riview your Order" dan disuruh mengisi alamat lengkap pengiriman barang, kemudian klik "Save and ship to this address". Lihat Gambar 2
  4. Scroll ke bawah guna memastikan barang yang akan di order. Lihat Gambar 3
  5. Masuk ke Payment method dan pilih "Other payment method" kemudian pilih "Confirm & Pay". Lihat gambar 4
  6. Setelah itu pilih akan masuk ke halaman "Pay with card other payment methods" dan pilih Doku, lalu pilih "Pay Now". Lihat Gambar 5
  7. Kemudian kita dibawa ke halaman sinkronisasi antara aliexpress dan doku wallet, disitu harga barang yang kita beli di aliexpress dengan mata uang dollar sudah otomatis di konversi menjadi rupiah, lalu masukkan doku ID dan pasword kita dan klik "Prosess Payment". Lihat Gambar 6
  8. Tahap terakhir yaitu memasukan 4 digit PIN doku kita, lalu klik "Process Pembayaran" Lihat gambar 7
  9. Transaksi sukses. Lihat Gambar 8. Setelah transaksi sukses ada waktu 3 hari yang diberikan oleh pihak aliexpress untuk seller guna memproses pengiriman order kita, jikalau 3 hari belum di proses pengirimannya oleh seller maka uang akan dikembalikan ke saldo doku kita.
  10. Selama order belum diproses oleh seller orderan masih mampu kita cancel oleh kita.
Gambar 4
Tips belanja aman di aliexpress:
  1. Pilihlah pedagang atau seller dengan feedback di atas 95 persen, dengan feedback segitu tingkat kepercayaan konsumen terhadap seller masih relatif tinggi, apalagi di atas 99 persen pasti lebih mantap.
  2. Bacalah dan pahami deskripsi barang guna meyakinkan kita keadaan barang yang akan dibeli.
  3. Pilih juga barang yang akan dibeli dengan riview di atas 4 bintang, dengan begitu tingkat kepuasan konsumen terhadap barang yang dibeli masih sangat baik atau puas.
  4. Bacalah riview barang yang akan dibeli, yang telah diberikan oleh konsumen lain, biasanya konsumen yang baik selalu menunjukkan riview yang terang dan tidak menyesatkan, disertai keterangan gambar dan kesesuaian dengan deskripsi barang.
  5. Belilah barang yang diorder paling banyak, walaupun ada penjual lain yang menunjukkan harga lebih murah tapi order barangnya masih sangat sedikit.
  6. Beri keterangan di setiap pembelian barang di kotak yang telah disediakan,ini berkhasiat sekali untuk berjaga-jaga jikalau barang yang kita beli tidak sesuai dengan barang yang dikirimkan oleh penjual. 
  7. Jika tidak ingin terkena pajak dari bea dan cukai belilah barang di bawah harga 50 dollar.
Gambar 5
Nah mudah bukan cara belanja di aliexpress menggunakan doku wallet, mungkin ada sebagian orang yang menganggap kenapa harus gaya-gayaan belanja di luar negeri, menurut saya sih ketika kita diuntungkan dan mudah alias tidak ribet kenapa ngga. Apalagi barang yang kita beli memang sangat langka dipasaran dalam negeri, boleh dong kita belanja di luar negeri.
Gambar 6
Oh ya, banyak loh pedagang di toko online / marketpalce dalam negeri yang menjual barang dari aliexpress. tentu harganya sudah 2x lipat dari harga di aliexpress, ini mampu menjadi peluang untuk anda.
Gambar 7
Demikian cara belanja di aliexpress menggunakan doku wallet beserta tips belanja aman di aliexpress, supaya mampu membantu. Jika merasa terbantu silahkan share. Terima kasih
Gambar 8


Komentar