AIR TERJUN KEDUNG JIMBAR WONOGIRI

Air terjun Kedung Jimbar, Wonogiri


Desa Purwoharjo di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri memang surganya air terjun. Sebelumnya sudah aku tulis perihal rekreasi di Air Terjun Jurug Kemukus dan Kedung Lare yang keren abisss. Kali ini, aku akan kisah perihal AIR TERJUN KEDUNG JIMBAR yang nggak kalah asyik.

AIR TERJUN KEDUNG JIMBAR masuk wilayah Dusun Ngumbul, Desa Purwoharjo. Adapun Desa Purwoharjo sendiri ada di ujung timur Kabupaten Wonogiri atau sekitar 75 kilometer dari sentra Kabupaten Wonogiri.

Air terjun itu masih satu alur sungai dengan Jurug Kemukus dan Kedung Lare. Bedanya, sumber air Jurug Kemukus dan Kedung Lare berasal dari hulu Sungai Gading.

Sedangkan sumber air KEDUNG JIMBAR berasal dari Dusun Jimbar yang jatuh ke Sungai Gading. Karena itu air terjunnya dinamai KEDUNG JIMBAR. Lokasi KEDUNG JIMBAR cuma sekitar 50 meter di bawah Kedung Lare.

AIR TERJUN KEDUNG JIMBAR mampu dibilang gres alasannya ialah belum banyak yang tahu. Tingginya hampir 20 meter. Yang bikin asyik, kita mampu memanjat gerojokan hingga ke tengah-tengah.

Kok bisa? Ya mampu gaeesss... Soalnya, banyak bebatuan di gerojokan itu yang menonjol. Beberapa watu seakan-akan undak-undakan sehingga mudah dipanjat. Sampai di tengah-tengah ketinggian, kita mampu minta pemberian sobat lainnya buat motret dari bawah. Wow... seru kan....
 
baca juga : Air Terjun Kedung Lare Wonogiri
baca juga : Air Terjun Jurug Kemukus Bertingkat Tiga

Jalur ke KEDUNG JIMBAR tidak begitu sulit bila dibandingkan dengan Jurug Kemukus. Kita bisa  parkir sepeda motor di rumah Mbah Mino, rumah terdekat dengan KEDUNG JIMBAR. Setelah itu berjalan kaki sekitar 300 meter dan.... hingga deh....
 .

Komentar