AIR TERJUN JURUG KEMUKUS BERTINGKAT TIGA

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 1

Ternyata ada penderasan super keren lho gaeesss.... Namanya penderasan JURUG KEMUKUS. Tempatnya di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 
Yang bikin istimewa penderasan ini bertingkat tiga, masing-masing tingkat tingginya 30-40 meter. Biarpun ekspresi dominan kemarau airnya tetap deras. Apalagi bila ekspresi dominan hujan, derasnya arus mampu menciptakan kabut (kukus) yang membumbung tinggi di sekitar air terjun. Karena itu tempatnya dinamai penderasan JURUG KEMUKUS.

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 2


Air terjun ini mampu dibilang gres ditemukan lho gaeesss.... Sebelumnya jarang banget ada orang yang tau eksistensi penderasan JURUG KEMUKUS. Para cowok desa setempat gres membuka saluran jalan setapak menuju penderasan sebagai kawasan wisata dan rekreasi pada tahun lalu.

Saya sendiri pertama kali ke sana pada tanggal 5 Maret . Saat itu, aku dipandu oleh Mas Wahyu dan Mas Alex, cowok Desa Purwoharjo yang mengorbitkan penderasan itu ke khalayak ramai.

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 3


Air terjun JURUG KEMUKUS ada di Kabupaten Wonogiri bab timur.

Rutenya : Dari Kecamatan Baturetno ke arah timur sekitar 18 kilometer hingga ke Kecamatan Karangtengah. Dari Kecamatan Karangtengah, ke arah timur lagi sekitar 7 kilometer hingga ke Dusun Ngampel. Habis itu jalan kaki sekitar 1 kilometer hingga ke penderasan tingkat paling bawah.

Kalau mau pribadi ke penderasan tingkat paling atas, kita mampu ambil jalur lewat Dusun Ngijo. Dari Dusun Ngijo, kita cukup jalan kaki menuruni bukiit sekitar 700 meter dan pribadi mampu menikmati keindahan JURUG KEMUKUS tingkat pertama.

Baca juga : Air Terjun Kedung Lare Wonogiri
Baca juga : Air Terjun Kedung Jimbar Wonogiri 

Kita mungkin bakalan ngos-ngosan buat jalan kaki ke air terjun, apalagi buat yang nggak biasa blusukan ke hutan dan naik-turun gunung. Tapi, sesampainya di air terjun, kau pasti bakal bilang "Wow..." terus mainan air, kongkow-kongkow di atas batu-batu segede gaban, foto-foto trus diupload. Pasti bikin ngiri temen-temen kamu.... hehehe.
Keren kaaannnn.....

Komentar