SBM Cilacap, spotnya para penakluk monster

SBM atau Single Buoy Mooring ialah pelampung atau tambatan untuk berlabuh khususnya kapal super tanker di lepas pantai, sekaligus berfungsi untuk bongkar muat materi bakar minyak milik Pertamina Refiney Unit IV Cilacap. SBM menjadi favorit lokasi atau spot mancing di laut Cilacap, SBM sendiri terletak di lepas pantai Cilacap, letaknya pun tidak terlalu jauh. Bila cuaca ataupun gelombang lagi erat mampu ditempuh kurang lebih 20-30 menit dari pantai teluk penyu Cilacap menggunakan perahu fiber bermesin tempel 15 PK. Kontruksi SBM sendiri sebagian besar terbuat dari besi yang terpancang oleh 6 rantai ke dasar laut dengan kedalaman kurang lebih 35-40 meter. Rantainya pun berukuran sangat besar, melebihi rantai jangkar kapal. Sehingga rantai SBM menjadi rumah maupun selter ikan-ikan besar.
Fight dengan ikan GT di SBM
SBM sendiri biasa disebut krundung kotak, walau sekarang bentuknya tidak lagi berbentuk kotak tapi nelayan lokal masih menyebutnya kerundung kotak. Bentuk pelampungnya yang super gede seolah menjadi rumpon yang baik untuk semua jenis ikan.

Baca : Informasi harga sewa kapal mancing di Cilacap

Jangan heran kalau sedang ekspresi dominan ikan tongkol, dimana puluhan perahu pemancing berebut kawasan semoga menemukan titik yang pas buat memancing. Biasanya ikan cenderung lebih suka berada di bawah rantai SBM. Hasil yang didapatkannya pun kadang lumayan banyak, kalau sedang ekspresi dominan tongkol satu perahu mampu menerima lebih dari 50. Tapi itu kalau lagi musim, kalau nggak ekspresi dominan ya siap-siap aja boncos 😊

Memancing menggunakan teknik light jigging, casting/ popping pun sangat potensial, karena di SBM juga banyak dihuni ikan-ikan besar maupun ikan yang hanya sekedar singgah, menyerupai ikan GT, kudapan manis lilin, kerapu, barakuda, kakap, lemadang dan lainnya.
Kapal tanker pertamina sedang berlabuh di SBM
Rantai yang ada di SBM menjadi kendala yang paling utama dikala fight dengan ikan monster, karena ikan cenderung memilih berlindung ke arah rantai. Maka kalau mancing menggunakan teknik jigging maupun casting akan banyak menghabiskan (nyajen) metal jig maupun minnow. Untuk menyiasati borosnya penggunaan metal jig, biasanya pemancing senior lokal Cilacap menggunakan metal jig handmade buatan sendiri.

Baca : Potensi mancing di muara Segara Anakan Cilacap

Harga sewa perahu perhari untuk memancing di sekitaran SBM Cilacap dikala ini berkisar antara 350.000 – 400.000/hari, belum termasuk rokok dan makan, atau tergantung janji antara tekong dan pemancing.
GT/kue lilin/kimpul hasil jigging di SBM
Sekedar tips kalau ingin memancing di SBM Cilacap:
  1. Jika ingin berburu ikan tongkol, pakailan perahu yang mempunyai kolam penampungan umpan ikan, karena ikan tongkol cenderung lebih suka pakai umpan hidup, biasanya menggunakan ikan tembang/tanjan yang mampu didapat dengan cara kotrek di sekitaran kundung atau pelampung kecil ditengah laut berfungsi sebagai alat navigasi lalu lintas kapal laut.
  2. Bila ingin menggunakan teknik jigging sebisa mungkin perahu tidak pasang jangkar (mesin perahu dalam keadaan hidup) kecuali arus sedang tenang, semoga ketika fight dengan ikan perahu mampu berlahan menuntun keluar area rantai SBM. Bawalah metal jig yang ukuranya bervariasi berat 40 gram sampai 150 gram semoga dapat menyesuaikan arus air.
  3. Pakailah tekong perahu yang berpengalaman mulai dari cuaca, membaca arus air sampai memposisikan perahu, karena tekong perahu ialah ujung tombak keberhasilan memancing di SBM. Nggak mau kan udah bayar mahal-mahal ngga dapat ikan karena tekongnya asal-asalan hehe.
  4. Pakailah jaket pengaman/pelampung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Double strike
Nah, setelah mengerti sedikit isu wacana lokasi mancing di laut Cilacap, khususnya spot SBM Cilacap dan anda tertarik mancing di SBM bergabunglah dengan komunitas para pemancing Cilacap di group facebook Komunitas Mancing Mania Cilacap (KMMC). Agar tau lebih dalam wacana isu lokasi mancing di Cilacap dalam hal ini mancing di spot SBM dan menambah paseduluran sesama pemancing.

Baca : Informasi spot mancing di sekitaran laut Cilacap

Salam mancing, yuk mancing di Cilacap.
Ikan hasil jigging di SBM Cilacap

Komentar