POHON KONCANGAN RAKSASA DI HUTAN MUNCAR WONOGIRI


Pohon koncangan raksasa di Hutan Candi Muncar, Bubakan, Girimarto, Wonogiri

Berekreasi di Waduk Candi Muncar, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri terasa kurang lengkap kalau belum menjelajahi Hutan Muncar. Waduk yang gres dihidupkan warga bulan Februari lalu itu dikelilingi lembah, perbukitan dan rimba belantara.

Hutan Candi Muncar berada di sebelah timur waduk tersebut. Hutan lindung milik Perhutani di lereng selatan Gunung Lawu itu menyimpan banyak sekali vegetasi yang unik dan menarik.

Pak Sarno yang jadi pemandu Waduk Candi Muncar mengatakan, Hutan Candi Muncar menyajikan vegetasi atau pepohonan unik yang sangat jarang ditemui di perkotaan.

Pohon koncangan raksasa di Hutan Candi Muncar, Bubakan, Girimarto, Wonogiri

 Salah satunya ialah pohon koncangan berukuran raksasa. Tingginya ditaksir sekitar 40 meter, sedangkan lebarnya lebih dari dua meter. Umurnya kira-kira sudah setengah abad.... Wow...

Tonton videonya :  Pohon Raksasa Berusia Setengah Abad di Wonogiri

Pangkal pohon bab bawah semakin terlihat sangar alasannya ialah batangnya berkerut-kerut dan akar-akarnya meliuk-liuk. Saking besarnya, rentangan tangan lima orang cukup umur belum tentu bisa mengelilingi pohon tersebut.

Baca juga : Sejarah Waduk Candi Muncar Wonogiri

Tidak hanya satu pohon, di daerah itu terdapat banyak pohon koncangan berukuran raksasa. Bahkan ada dua pohon koncangan yang hidup berdekatan, sehingga tudung atau kanopi pohonnya terlihat menyatu.
Keren kaaannnn.....
Tetap lestarikan alam dan hutan ya...

Komentar