Memancing di spot Pantai Selok Pipa Nusakambangan Cilacap

Terdapat aneka macam spot mancing di pulau nusakambangan, salah satunya yaitu pantai selok pipa. Pantai yang tersembunyi di pantai selatan pulau nusakambangan dengan keindahan yang sangat mengagumkan, pantai yang berkarakter karang dangkal dan bentuknya menyerupai halnya laguna, maka pantai ini sangat aman untuk aktifitas memancing. Pantai selok pipa lumayan mudah dijangkau dengan jalan kaki, perjalanan kurang lebih 20 menit dari pantai dermaga karang tengah, karena di karang tengahlah titik awal perjalanan dimulai, yang terpenting yaitu menyiapkan kondisi fisik yang prima.


Bagi yang suka trekking di hutan, selok pipa mampu menjadi pilihan alasannya jalurnya tidak terlalu sepi serta mudah dijangkau dan jarang bertemu hewan buas, kecuali kera, tidak menyerupai pantai karang bandung dan pantai kali empat karena di pantai selok pipa biasanya setiap hari ada aktifitas warga setempat baik petani penyadap nira kelapa maupun nelayan lobster. Sebelum menaiki hutan pun ada beberapa gubug warga untuk sekedar ditinggali setelah mereka bertani maupun melaut dipantai selok pipa. Saya sendiri sudah puluhan kali memancing di pantai selok pipa baik siang maupun menginap, diantaranya malah ngetrip sendirian.

Di pantai selok pipa yaitu sorganya pemancing ikan cendro dalam bahasa lokal yaitu croang, atau dikenal marlin KW hehe, kalau memasuki bulan september – januari biasanya ikan ini sangat berlimpah, jangan heran kalau lagi demam isu ikan cendro pantai ini akan ramai dikunjungi oleh pemancing baik pemancing dari Cilacap maupun pemancing dari Purwokerto, karena memang sensasi strike ikan cendro lumayan bikin ketagihan, kalau sudah andal dalam memancing ikan cendro satu pemancing mampu dapat 20 – 40 ekor dalam sehari. Apabila diakhir demam isu ikan cendro, ukuran ikannya pun lumayan besar, 1 ekor beratnya mampu hingga 1,5 – 2 kg bahkan lebih, sangat lumayan bagi aku strike ikan sebesar itu tapi kalau di final demam isu ikan biasanya sudah mulai jarang.

Ikan cendro hasil memancing di selok pipa Nusakambangan
Memancing ikan cendro biasanya mengaplikasikan teknik casting (lempar – tarik) tetapi memakai umpan hidup, menyerupai udang, gelodok maupun ikan tenggeleng. Butuh teknik khusus dalam memancing ikan cendro, karena abjad ikan cendro mempunyai moncong yang panjang dikala memakan umpan yaitu dibawa lari dulu hingga jauh kemudian di kunyah gres di telan.
Selain ikan cendro banyak juga ikan kerapu ukuran sedang, kakap merah, baby GT dan umumnya ikan pada pantai karang dangkal, biasanya ikan jenis ini mampu didapat dengan mancing dasaran, teknik mancingnya pun ngobok/ngoyor atau ngrobyok dalam bahasa lokal yaitu mancing dengan cara berjalan ke tengah untuk mencari titik/spot ideal, mancingnya pun harus menenggelamkan setengah badan. Tapi sekarang beda dengan 8 tahun lalu waktu gres kenal memancing di pantai selok pipa, sekarang ada beberapa pencari ikan yang menggunakan speargun, sehingga ikan-ikan ukuran sedang yang menghuni karang selok pipa sudah mulai langka.

Mancing dengan cara ngrobyok/ngobok/ngoyor
Di spot selok pipa juga mampu memancing memakai teknik popping, tetapi harus mempertimbangkan dengan keadaan air, karena lokasi popping yaitu di atas tebing plawangan selok pipa, baik plawangan sisi kiri maupun sisi kanan, beberapa kali aku popping tapi selalu boncos hehe, pernah strike tapi PE putus & missed. Demikian catatan kami perihal memancing di pantai selok pipa.

Komentar