Memancing di Spot Pantai Kali Dua Nusakambangan Cilacap

Kali ini aku akan mengembangkan pengalaman ihwal spot mancing di Nusakambangan Cilacap yaitu pantai Kali dua. Pantai Kali dua terletak + 1 KM di sebelah barat pantai permisan, di pantai kali dua terdapat berbagai titik-titik/spot potensial untuk memancing baik dasaran maupun casting alasannya ialah tempatnya yang memang sangat luas. Jika pantai kali dua terletak di nusakambangan timur mungkin pantai ini akan selalu ramai dikunjungi oleh pemancing maupun wisatawan, alasannya ialah pantai kali dua tak kalah menariknya dengan pantai kali papat maupun pantai karang bandung. Tetapi memang alasannya ialah pantainya tidak mampu di saluran secara umum maka jarang sekali ada pemancing, kecuali warga sekitar LP ataupun nelayan lobster.

Pantai Kali dua Nusakambangan
Berdasarkan info yang aku dapat dari sobat aku yang bekerja di LP dan kebetulan sehobi dengan saya, juga kata nelayan lobster setempat seringkali pemancing di sini selalu menaikkan ikan target, dengan catatan jikalau keadaan air sedang bagus, jenis ikan yang sering naik oleh pemancing biasanya ikan kuro/baleng, mamung, cangkek, GT, kerapu & Kakap (juga tergantung nasib hehe). Untuk hasil yang maksimal setiap jenis ikan harus dipancing dengan teknik mancing maupun spot yang berbeda pula.

Hasil mancing di pantai kali dua

Ikan kuro/baleng di kali dua biasanya dipancing menggunakan teknik casting menggunakan minnow jenis pencil maupun popper ukuran sedang. Untuk spot biasanya di pantai pasiran kali dua di belakang ombak yang bergulung.
Untuk ikan mamung mampu dipancing dengan cara dasaran menggunakan umpan udang hidup, kepiting kecil, kerang, maupun yutuk laut. Spotnya sama dengan memancing ikan kuro hanya beda menggunakan teknik dasaran.

Baca : Potensi mancing di muara Segara Anakan Cilacap

Ikan cangkek biasa dipancing dengan udang hidup dengan rangkaian pancing ibarat halnya pancing kotrek, mampu juga menggunakan kotrek/sabiki. Lokasinya pun masih di pantai berpasir.



Bagi yang suka big game dengan target ikan GT mampu mengaplikasikan teknik popping, alasannya ialah di pantai kali dua berbagai lokasi untuk popping yang mampu dijangkau dari tepi, pantai berbatuan karang di kali dua lebih luas dari pantai pasirannya. Tentunya dengan mengedepankan keselamatannya, alasannya ialah laut selatan cuacanya mudah berubah-ubah. Saya sendiri memancing di kali dua gres pertama kali jadi belum mampu bercerita banyak ihwal spot kali dua. Saya hanya sekedar mengembangkan info dan supaya bermanfaat.


Salam Mancing.

Komentar