AIR TERJUN LEMBAH SELORESI WONOGIRI

Air terjun Lembah Seloresi, Setren, Slogohimo, Wonogiri
Lagi-lagi, warga Kabupaten Wonogiri membuka gerojokan baru. Kali ini, Warga Desa Setren, Kecamatan Slogohimo yang mau membuka gerojokan Lembah Seloresi. Air terjun itu ada di Dusun Salam, Desa Setren.

Kecamatan Slogohimo berjarak sekitar 40 kilometer di sebelah timur sentra Kabupaten Wonogiri. Sedangkan Desa Setren sendiri berjarak sekitar lima kilometer dari sentra Kecamatan Slogohimo.

Mobil mampu diparkir di ujung Dusun Salam kemudian jalan kaki sekitar 1,9 kilometer menuju air terjun. Kalau sepeda motor mampu masuk lebih dalam sekitar 300-400 meter, sehingga "tinggal" jalan kaki sejauh 1,5 kilometer.

Tapi kalem aja gaeesss... Jalannya nggak nanjak-nanjak amat kok. Tapi relatif datar sambil menyusuri sungai. Pemandangannya mengagumkan dihiasi sawah yang ijo royo-royo. Udaranya pun sejuk di wilayah perbukitan lereng selatan Gunung Lawu. Pokoknya keren buat daerah rekreasi.

Sampai di lokasi, kita akan melihat gerojokan yang meluncur pada bidang tebing tegak lurus. Tingginya sekitar 30 meter. Debitnya pun relatif stabil.

Btw, gerojokan tersebut konon menjadi daerah bertapanya para resi. Karena itu sekarang dinamai Seloresi (yang dalam bahasa jawa berarti kerikil resi).

Komentar